.

.

Minggu, 11 Mei 2014

Kalimat yang sering terdengar tapi salah

    Manusia berbicara rata-rata 5000 kata perhari, yah walaupun 80% nya bicara sama diri sendiri.
    Tapi dari antara 5000 kata tersebut pasti ada aja kata-kata yang membentuk kalimat salah atau mungkin memojokkan diri sendiri. Nih contoh yang sering banget terdengar:

1. "Kurus banget lu, kayak tiang listrik"
     Ini kalimat salah yang paling sering gua dengerin, karena gua kurus ceking dan kalau kena hairdryer bisa terbang, kalimat ini jadi sering terdengar. Tapi setelah gua pikir-pikir dengan otak
pinter gua (FYI : IQ gua tuh sempurna : 100), ternyata kalimat ini salah. Kenapa? karena tiang listrik tuh lumayan gede yang kecil tuh tiang telepon. Nih gua kasih gambarnya:

Tiang listrik

Tiang telepon
Gedean tiang listrik kan? makanya kalau lu kurus dan dihina "Kurus banget lu kayak tiang listrik", senyum aja terus bilang "Makasih".


2. "Kalau kalian ngelawan orang tua/guru terus, nanti kena karma lho, anak kalian gak nurut sama kalian"
     Ini emang gak salah, cuman memojokkan diri sendiri. Kalimat ini biasanya terjadi kalau suasana kelas sudah ribut dan tidak bisa diatur. Kalau dia bilang begitu, berarti sama aja waktu kecil dia juga dulu ngelawan guru/orang tua, dan kita hanya pensukses karmanya. Jadi kalau ada guru yang bilang kayak gitu jawab aja "Berarti ibu/bapak dulu juga ngelawan guru/orang tua, jadi wajar kalo sekarang kita ngelawan ibu/bapak, karena kita hanya menyukseskan karma ibu/bapak"

3. "Lebih baik bapak/ibu mengajar 4 anak saja, dari pada 30 anak yang gak mau diajak belajar"
     Kalimat ini pasti sering kalian denger kalo lagi dikelas. Kalimat ini salah, karena nenek-nenek yang lingkar otaknya gak lebih gede dari kelereng juga bakalan milih ngajar 4 anak lah, mana ada yang mau ngajar lebih banyak kalau bayarannya sama.


4. "Banci lu.!! gak ngerokok"
    Ini salah dan gua gak setuju banget, sekarang gua tanya banci mana yang gak ngerokok? gak ada kan
Jadi sekarang siapa yang banci? 


Udah segini dulu postingannya, kalo beneran ada yang ngomong kayak gitu, ikutan saran gua ya...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar