.

.

Rabu, 09 Juli 2014

Ketemu Temen SD lagi

14 Juni 2014, hari yang menentukan gua lulus atau enggak.

Tapi dengan kepintaran gua sih, gua optimis lulus dan yang jadi masalahnya adalah BERAPA NEM GUA?

Gua selalu mengkhawatirkan hal tersebut kapan saja, mulai dari pangen tidur, makan, boker, lagi ngeden, pokoknya setiap saat gua mengkhawatirkan itu. Pas tiba saatnya gua harus boker gua selalu mikir “Berapa NEM gua? Bisa gak gua masuk SMA yang orang tua gua mau? Kapan beraknya keluar? Sampai kapan gua ngeden terus?” Gua selalu memikirkan itu saat setiap kali boker, saking sibuknya mikir gua sampe lupa kalo gua belum ngeden. Terpaksa gua ngeden lagi, dan memikirkan hal yang sama, dan kejadian yang sama terjadi lagi. Kejadian itu terus terulang sampai gua berhasil mengkonsentrasikan pikiran gua untuk terus ngeden dan berhenti sejenak dari semua masalah gua.

Gua disuruh sama orang tua gua untuk masuk SMAN 3 Depok, karena 2 kakak gua yang kembar lulusan dari sana dan dua-duanya diterima di universitas negeri.

Tapi hal itu gak terlalu membuat gua untuk mau banget masuk SMA itu, karena gua tau itu susah.

Gua harus berjuang untuk masuk sana, karena sekolah asal  dan kartu keluarga gua yang berdomisili dari luar depok membuat kesempatan gua untuk masuk SMAN 3 Depok jadi kecil, karena hanya 1% atau 3 ORANG yang diambil dari luar depok.

Hal ini sempat membuat gua menjadi stress, karena lagi-lagi gua mikirinnya pas lagi boker.

Kekhawatiran gua tentang nilai UN atau NEM makin menjadi-jadi saat satu minggu sebelum dibagikan. Anehnya, pas 2-3 hari sebelum hasil UN dibagikan, gua malah tambah tenang dan santai. Bahkan pada H-1 gua makin gak ada kepikiran kalau besok gua bakal nerima hasil yang nentuin gua lulus atau enggak. Ini hal yang aneh menurut gua, karena ini sama aja kayak elu bawa kendaraan pelan-pelan pas lampu lalu lintas masih ijo, eh pas lampu udah merah malah tambah kenceng dan bahkan ngelewatin batas lampu lalu lintasnya.

Hari jumat, tepatnya sehari sebelum gua nerima hasil UN, gua malah main. Gua malah main ama temen-temen gua yang sebaya, dan bakal ngerasain hal yang sama kayak gua besoknya, yaitu nerima hasil UN. Tapi pas gua main sama mereka, gak ada satupun dari mereka yang gua liat mukanya panik atau khawatir mikirin tempat main, eh maksudnya hasil UN. Iya, gak ada satupun. Padahal mereka gak pinter-pinter amat, dan gak bego-bego amat.

Sampe sekarang gua masih bingung, kenapa kalau orang-orang bego kagak pernah khawatir sama nilai sedangkan orang yang pinter dan gua udah yakin dia dapet nilai bagus malah khawatir terus. Kan aneh.

Tiba saatnya gua harus nerima hasil UN, hari Sabtu, 14 Juni 2014. Gua berangkat bareng mama gua pukul 08:30 WIB. Lagi-lagi gua belum boker, ehh maksudnya gua gak khawatir tentang nilai UN gua.

Pukul 09:00 WIB, sudah banyak orang tua dengan anaknya menduduki kursi yang sudah disediakan sekolah. Sudah banyak, bukan semua. Padahal acara harusnya mulai tepat jam 9 pagi. Tapi karena kita semua orang Indonesia, banyak yang menelaah kalau dibilang “Mulai jam 9 pagi” berarti kita harus berangkat dari rumah jam 9 pagi.

Saat semuanya sudah berkumpul, sekitar jam 9 lewat 10 menit, acara dimulai. Gua masih belum khawatir.

Di acara pembukaan, kepala sekolah gua memberikan sambutan. Dan gua udah tebak apa kalimat pertama isi sambutannya, pasti “Gak terasa udah 3 tahun kita di SMP ini…”. “Alahh, gak terasa!” kalimat itu yang gua sebut lumayan keras setelah mendengar perkataan kepala sekolah. Gua gak suka kalau ada orang yang bilang pas di acara perpisahan atau di ujung acara bilangnya gak terasa.  Apanya yang gak terasa? TERASA banget..  Apalagi kalau ada murid yang bilang gak terasa 3 tahun di SMP, itu udah 100% bohong.

Mana ada murid SMP yang selama 3 tahun sekolah gak ngeluh capek, tugas banyak banget, kapan libur?, kapan masuk sekolah?, kapan bla-bla-bla? . Dengan kita ngeluh kayak gitu aja, udah termasuk nunjukin kalau dirilu itu udah ngerasa bosen dengan keseharian yang gitu-gitu aja. Dan mana ada bosen yang gak kerasa?

Kata-kata “gak kerasa” ini mungkin bisa lu temui di buku kenangan sekolah lu. Lu bisa liat dari kesan pesan yang di tulis temen-temen lu. Ini kata-kata yang paling sering ada dibuku kenangan, yang kedua “jangan lupain gua”, dan disusul oleh “Do your the best, semoga sukses”.

Balik lagi ke tanggal 14 Juni 2014.

Setelah beberapa sambutan dan acara, tiba saatnya gua mendengarkan juara nilai ujian sekolah tertinggi. Denger kategori itu gua langsung nginget-nginget gimana susahnya ngerjain Ujian Sekolah waktu itu.

Juara diumumkan mulai dari nomor 1 sampai 10, dari nomor 1 sampai 5 gua gak denger nama gua disebutin, bahkan sampai nomor 7 pun gua gak disebutin, gua hampir putus asa. Dan pada saat nomor 8 disebutin, bukan nama gua yang terdengar. Ini membuat gua bener-bener hampir putus asa. Tapi rasa keputusasaan gua hilang setelah mendengar bahwa nomor sembilan itu adalah gua. Iya, nama gua disebut “Gideon Victor Tulus Parulian”. Kesepuluh nomor tersebut di minta buat naik keatas panggung untuk nerima penghargaan. Setelah nerima penghargaan, disuruh berbaris untuk foto. Kebiasaan orang Indonesia.

Pas turun dari panggung gua gak langsung pergi ke kursi tempat gua duduk, melainkan gua malah ke belakang panggung, buat latihan. Gua harusnya tampil sama band gua, tapi yang disediain cuman dua gitar akustik, sama keyboard. Sementara gua dan temen-temen gua maunya tampil ngeband pake gitar listrik, bass, sama drumm satu set, bukan cuma akustikan. Tapi apa boleh buat, kita udah ditulis di daftar acara. Terpaksa gua harus tampil dengan komposisi dua gitar dan satu vokal.

Di tengah-tengah latihan, guru gua mau ngebacain 10 NEM tertinggi. Kalo 10 NEM tertinggi gua emang gak optimis masuk. Bacainnya beda, sekarang mulainnya dari 10. Pas denger kalo nomor 10 tertinggi 33,bla-bla-bla gua langsung udah gak berharap. Karena gua prediksinya NEM gua gak nyampe 33. Gua tetep ngelanjutin latihan.

Sampe akhirnya nomor tujuh disebutin, ada dua orang yang berada di peringkat tujuh. Gua kaget ternyata nama gua disebut, gua gak nyangka banget. Gua naik keatas panggung dengan langkah kaki yang gemetar. Gua ngerasa “Kok bisa?” Padahal kalau gua itung-itung, gua udah salah banyak banget pas jawab soal UN. Perasaan gua saat itu bingung, seneng, sama lega kayak habis boker.

Setelah udah tau NEM gua berapa, justru gua malah dibingungkan dengan gimana mau tampil nanti, gara-gara yang bawa gitar akustiknya udah pulang satu, otomatis gitar nya tinggal satu. Sebenernya ada lagi satu gitar, cuman gak bisa gak ada yang buat colokin kabel jeknya. Jadi gak bisa kedengeran lah. Gua sama temen gua dua orang bingung.

Gua sama temen gua ditaro di penghujung acara, dan bener-bener di penghunjung acara.  Di saat orang-orang udah ngambil surat keterangan lulus dan ambil makanan, disaat itu gua harus tampil. Gua sama temen gua gak mau, masa iya gua tampil orang-orang udah banyak yang pulang. Saat itu emang banyak yang udah mau pulang. Namanya juga anak SMP, Setelah Makan Pulang. Udah dapet makanan, apalagi yang ditunggu.

Akhirnya gua sama temen gua memutuskan untuk gak jadi tampil. Karena kalau tampil juga siapa yang nonton?.
Coba lu rasain, gimana rasanya kalau udah latihan seminggu 3-4 kali terus gak jadi tampil? Gimana rasanya? Biasa aja kan? emang biasa sih

Setelah temen gua bilang ke guru bahwa kita gak jadi tampil, gua langsung pulang sama mama gua.

Pas nyampe rumah sederatan masalah gua udah kerasa ilang. Tinggal satu sekarang, “Bisa gak masuk SMAN 3 Depok?”

Berhari-hari gua mikirin masalah itu terus.

Sembilan hari setelah nerima hasil UN, tepatnya tanggal 23 Juni, pendaftaran SMA di bogor dibuka. Gua mencoba daftar di SMAN 1 Cibinong. Gua daftar pada hari kedua pas tanggal 24 Juni lewat online. Pada hari itu juga gua dateng ke SMAN 1 Cibinong untuk verfikasi data.

Pas nyampe di SMAN 1 Cibinong, ternyata ada data gua yang ketinggalan. Gua balik lagi buat ngambil data yang ketinggalan. Dari yang tadinya gua dapet nomor urut 133, sekarang gua dapet nomor urut 146.

Setelah verifikasi data, gua tinggal nunggu hasilnya keluar, pas tanggal 1 Juli.

Pada tanggal satu Juli gua menemukan nama gua dari antara 324 anak yang diterima di SMAN 1 Cibinong. Gua merasa senang, tapi gak sama mama gua. Mama gua tetep mau gua masuk SMAN 3 Depok. 
Sebelum tanggal 1 Juli, gua udah ngisi formulir di SMAN 3 Depok buat peserta yang dari luar kota Depok. Dari luar kota Depok pembukaan pendaftaran onlinenya tanggal 3 Juli. Gua mendaftar dan ternyata gua gak termasuk dari 3 orang yang diterima dari luar kota Depok.

Tapi mama gua tetep kekeh kalau gua harus masuk SMAN 3 Depok. Mama gua selalu bilang “Coba dulu cek lagi di Internet, siapa tau kamu masuk”. Gua yang udah yakin gak masuk pun males banget.

Akhirnya, pada tanggal 5 Juli 2014, gua melaksanakan tes penjuruan di SMAN 1 Cibinong. Gua akhirnya masuk SMAN 1 Cibinong dengan lumayan banyak temen SMP dan SD gua yang sekolah disana juga.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar