.

.

Jumat, 20 Februari 2015

Masalah ngecengin orang,

                Gua sering banget denger kalimat “Omongan itu doa” di saat ada seseorang yang ngomong gak baik. Contohnya:
Gua                       : Hati-hati bro, awas tabrakan!
Temen                  : Yoi
Si Belangsak       : Eh parah lu, omongan itu kan doa.

                Pasti itu sering lu denger kan? Atau mungkin lu termasuk orang yang sering ngomong kalimat itu.
                Kalimat itu emang gak salah tapi juga gak selalu bener. Doa itu kan artinya kita berkomunikasi dengan Tuhan. Kalau omongan itu doa berarti pas kita ngomong sama temen kita itu tandanya kita komunikasi sama temen kita. Dalam kata lain berarti kita udah doa sama temen kita dan komunikasi sama temen kita. Berarti temen kita itu TUHAN dong? Kalau dalam sehari gua ngomong sama lebih dari 50 orang, berarti TUHAN ada 50 lebih dong? Kalau temen gua ngomong ke gua berarti temen gua juga komunikasi sama gua dan doa juga sama  gua dan itu tandanya gua juga TUHAN dong? Terus mana yang bener ? Terus kalau omongan itu doa berarti dosa gua udah banyak banget dong, karena gua doa pake “lu dan gua”, “bego dan tolol”, dll.
                Terus doa itu kan ibadah, berarti kalo gua ngomong terus dan ada guru gua yang nyuruh diam, berarti guru gua dosa besar dong? Kan gua lagi ibadah di suruh setop sama dia. YAKAN?
              
                Itu tuh hal yang gua bingungin selama ini. Gak lama juga sih, baru kepikiran aja pas SMP. Itu juga hal yang bikin gua mikir pas lagi ngecengin orang.

                Gua termasuk orang yang suka ngecengin orang, walaupun dulu pas kelas 6 SD gua cengeng banget, gua yang suka di cengin.

                Ngecengin orang mungkin sekarang udah masuk Top List Hobi gua di antara berisik di kelas, hiperaktif dikelas, main raket nyamuk, bikin guru kesel dan di antara semua list hobi gua.
               
                Gua menemukan fenomena di saat gua ngecengin orang. Jadi di saat gua sama temen gua lagi ngecengin salah satu orang, anggap aja namanya A. Terus tiba pada puncaknya si A ini marah atau nangis, gua sama temen gua itu pasti bakal kebagi jadi dua kelompok, yang satu munafik dan satu lagi masih belangsak.
               
                Gua paling kesel sama orang yang munafik ini, dia ikut tertawa di saat ngecengin si A dan dia ikut ngecengin saat gua ngecengin si A. Tiba saatnya si A nangis atau marah, si munafik ini bakal berubah 180 derajat . Dia bakal sok baik, terus nenangin si A. Begitu gua bilang “Alaaah lu juga ikut ngecengin juga” dia pasti jawab “Tapi kan gua cuman sekali”, “Tapi kan gua cuman ketawa”, “Tapi hari ini gua kan enggak ngecengin”. Itu semua tuh BULLSHIT.
               
Mereka tuh gak mau kena masalah. Mereka adalah orang yang mau nya ketawa doang, ikut senengnya doang dan begitu ada masalah dia bakal ngeles dengan semampu dia supaya dia gak kena masalah. Mereka juga adalah orang yang bakal nyalahin orang lain dan nyebut nama orang lain ketika mereka salah supaya dapat teman pas mereka melakukan kesalahan. Harga diri mereka gak lebih dari sekedar tainya belatung dari anak lalat yang hinggap di sampah dan bangke tikus.

                Yang gua keselin lagi juga adalah pasti ada orang yang sok ngelerai, sok nyelesain masalah dan sok bijak pas si A itu nangis atau marah. Dan yang bikin tambah kesel lagi adalah orang itu dari kelompok orang munafik tadi.

                Si pelerai itu bilang “Udah jangan ada yang tuduh-tuduhan, jangan salah-salahan. Yang penting jangan di ulangin lagi” terus gua jawab “Ahh dianya aja yang lebay cuman gitu doang nangis atau marah” si pelerai itu jawab lagi “Kan setiap orang tuh beda, lu harusnya nyesuain dong. Mungkin lu kalau di cengin gak marah atau nangis tapi kalau dia di cengin bisa langsung nangis atau marah”. Nah di kalimat ini nih yang gua masih bingung. Dia bilang kalau gua harus nyesuain untuk gak ngecengin orang yang kalo di cengin bakal marah atau nangis karena setiap orang itu berbeda.
               
                Oke gua percaya bahwa setiap orang itu berbeda. Disini gua berpikir (walaupun gak pinter). Mungkin gua orang yang suka ngecengin sementara si A adalah orang yang kalau di cengin bakal nangis atau marah. Itu perbedaanya.  Kan dia tahu kalau setiap orang itu berbeda, kenapa harus gua yang nyesuain untuk gak ngecengin dia? Kenapa gak dia aja yang nyesuain pas gua ngecengin gak usah nangis atau marah? Kenapa? Kan setiap orang berbeda. Lu adalah tipe si pelerai gak guna yang cuman bisa bilang “Kan setiap orang tuh beda, lu harusnya nyesuain dong. Mungkin lu kalau di cengin gak marah atau nangis tapi kalau dia di cengin bisa langsung nangis atau marah”.

Kalau ada temen lu yang kayak si orang munafik itu, gua saranin TETEP TEMENIN, gua gak nyuruh kalian musuhin, justru itu adalah  bahan cengan baru. Kalau lu adalah termasuk orang yang gua ciriin sebagai munafik itu, coba deh jangan kayak gitu, bukannya lu jadi baik yang ada lu malah jadi bahan cengan selanjutnya.

Lagi pula emang kalau lu ketawa doang, lu cuman ngecengin sekali, lu gak termasuk yang ngecengin ? Gua kasih tahu ya, orang yang di cengin tuh gak bakal segitunya nangis atau marah kalau gak ada yang ketawa di saat dia cengin.

“Korban cengan itu bakal biasa aja kalau gak ada orang yang ketawa di saat dia sedang di cengin. Seenggaknya dia gak bakal sampe marah besar atau nangis”

Itu dia kalau si munafik. Kalau si belangsak, ya namanya juga belangsak, si korbannya nangis atau marah bukannya berhenti malah bakal dibilang “Lebay lu” dan bahkan tambah menjadi-jadi cengannya karena lu nangis atau marah. Bisa jadi lu di parodiin saat nangis atau marah itu di hari berikutnya.

Gua sendiri sih lebih seneng jadi si belangsak. Karena menurut gua si munafik itu ya temennya bakal sesama munafik, tinggal tunggu aja pas dia kena kemunafikan temennya itu.

Kalau lu pengen ngecengin orang, gua punya tipsnya nih:

  1.  JANGAN CENGIN FISIK
Ini mungkin yang paling penting, karena lu salah besar kalau ngecengin fisik. Kalau mau lu bisa ngecengin dia berdasarkan sikapnya, sifatnya, atau misalnya cara dia foto. Itu udah cukup.

  1. PASTIIN KALAU ORANG YANG LU CENGIN ITU BAKAL MERASA KESEL KALAU DICENGIN
Ini penting, karena kalau si A nya itu biasa aja, gak seru.  Percaya sama gua.

  1. JANGAN LU AJAK ORANG YANG UDAH DI CIRIIN SEBAGAI MUNAFIK KAYAK DIATAS
Kalau ada orang yang munafik itu ikut ngecengin atau ketawa, jangan biarin. Dia cuman ikut senengnya doang. Begitu ada orang yang udah di ciriin sebagai munafik ikutan ketawa atau ngecengin, lu bisa bilang “Udah dah, jangan ikut ketawa atau ngecengin, giliran si A nangis atau marah, lu jadi sok bijak, sok ngebelain, sok ngelerai.”

  1. YAKININ DIRI LU BAHWA ORANG YANG LU CENGIN ITU GAK BAKAL LU BUTUHIN PERTOLONGANNYA NANTI.
Kan gak asik kalau udah di cengin tahu-tahunya kita minjem duit.

  1. TERAKHIR, USAHAIN ITU BAKAL JADI KENANGAN YANG BAKAL DIKENANG PAS LU TUA NANTI
Cengan itu berguna juga buat si korban dan pelaku. Mereka akan sama-sama mengenangnya pas udah tua nanti. Itu bakal jadi ciri seseorang. Misalnya pas lu udah tua lu ketemu temen lu si A yang dulu lu cengin. Lu pasti bakal inget “Oh ini si A yang kalau foto bibirnya manyun pake sexy lips”. Lu bakal sama-sama merasa bodoh dan tertawa bareng pas nyadarin itu. Gua aja yang baru 1 SMA waktu mikirin kalau saat gua kelas 6 SD (berarti cuman beda sekitar 4 tahun) udah ketawa dan gak habis pikir kenapa bisa begitu. Gimana nanti pas tua?


                Ikutin tips-tips di atas, niscaya lu bakal menjadi seorang cenger (pelaku ngecengin) yang sukses.





                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar