.

.

Sabtu, 07 Maret 2015

Tentang Guru

                Seperti kata pepatah “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Peribahasa ini menurut gua bener. Bener-bener gua gak tau artinya.

                Gua mau bahas tentang guru disini. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Iya, dia gak ada tanda jasanya seperti pahlawan lain. Tapi kalian tahu gak, tanda jasa pahlawan itu apa? Kalau menurut gua tanda jasa pahlawan itu adalah foto mereka di cantumin di uang kertas. Itu adalah tanda jasa paling keren. Coba bayangin deh kalo misalnya ada foto guru lu di uang seribu, uang lima ribu, bahkan di pecahan uang paling besar sekalipun. Kan gak asik. Setiap lu mau jajan jadi keinget PR yang di kasih guru lu. Mau bayar angkot inget PR, mau bayar uang sekolah inget PR. Kapan inget Tuhan?

                Sebelumnya gua mau nanya. Pernahkah kalian nyalahin guru saat nilai kalian jelek? Pernahkah kalian bilang kalau guru kalian itu gak bisa ngajar? Pernahkah kalian merasa kalau guru kalian itu ngebosenin? Pernahkah kalian membuat julukan di setiap guru yang kalian benci? Pernahkah kalian ngelawan orang tua? Pernahkah kalian bayang kan jika kalian berada di posisi orang tua kalian? Pernahkah kalian bayangkan kalau kalian kehilangan orang tua? Pernahkah kalian memaksa untuk dibelikan sesuatu? Pernahkah? Bayangkan!? EHHH kok jadi renungan malam.


                Oke, pertanyaan gua yang bener “Pernah gak kalian nyalahin guru saat nilai kalian jelek?”

Gua yakin disini semuanya pernah. Termasuk gua. Gua biasanya nyalahin guru kalau nilai yang gua dapatkan itu jelek. Dan setiap guru juga pasti gak mau di salahkan. Mereka pasti melakukan pembelaan. Ada yang bilang kalau kita yang sebagai murid gak bisa membuat suasana belajar yang kondusif. Padahalkan iya.

Emang sih, kita gak bisa membuat suasana belajar yang kondusif, kita itu berisik. Gua berpikir kalau suasana belajar yang kondusif itu harus didukung oleh guru yang asik. Suara gak kecil, penjelasan yang mudah dimengerti, dan tidak terlalu serius dalam belajar.

Coba kalau gurunya seperti itu, gua yakin sekelas itu nyaman. Gak ada yang ngobrol, main HP, atau nonton reagge sambil jamming dikelas. Gua adalah orang yang termasuk gak bisa diem di kelas, tapi tetap ada di salah satu atau beberapa pelajaran yang gua itu diam, gua nyimak dan gua gak ngobrol. Karena apa? Gua nahan berak.

Ya betul, gua nahan berak. Di setiap gua nahan berak pasti gua diam dan gua nyimak. Tapi gak serius. Berak adalah salah satu alasan gua telat masuk sekolah. Sampai sekarang gua udah 3 kali telat masuk sekolah. Yang satu karena motor mogok, yang kedua dan ketiga karena gua berak pas pagi hari. Kalau ada perasaan ingin berak di pagi-pagi, di situlah gua berserah kepada Tuhan untuk mengatur waktu yang tersisa.

 Pencernaan gua gak lancar. Gua sering gak berak sampai 2 atau 3 hari. Perasaan ingin berak emang sering muncul. Tapi pas gua udah ke WC dan siap dengan perbekalan makanan, minum, dan tikar juga selimut, ternyata yang keluar cuman kentut. Gua di PHP-in.

Balik lagi ke guru.
 Gua emang bener diam di pelajaran tertentu, gua nyimak karena gurunya asik. Menilai guru asik atau gak asik itu gampang. Lu liat di belakang buku catatan kalian. Kalau ada banyak tulisan-tulisan, gambar-gambar, atau coretan-coretan yang gak berguna, berarti pelajaran itu gurunya ngebosenin. Karena nyoret di belakang buku itu adalah pelampiasan dimana kita bosen dengan guru. Ada yang main SOS, ada yang main tamiya khayalan yang pake pensil di tekan pake telunjuk di ujungnya ke arah bawah terus tergores sebuah coretan yang melambangkan jalannya tamiya tersebut, ada juga yang gambar burung. Burung dalam arti sebenarnya.

Guru itu penting. Kalau di dalam Kurikulum 2013, guru itu hanya sebuah sarana. Kita harus yang lebih aktif. Kita yang nyari sendiri penjelasannya. Kita banyak presentasi. Penjelasan dari kita untuk kita dan oleh kita. Pas ulangan harian, yang buat soalnya guru. Kan TAI. Harusnya kita yang buat soalnya, lah orang kita yang presentasi.

Ada guru yang masuk cuman ngasih tau apa yang harus di catet, terus kita nyari di internet, dianya main HP. Ada juga yang bikin presentasi terus. Pas ulangan kita bingung, karena apa yang kita cari di internet dan kita presentasikan gak selalu sesuai dengan materi yang harusnya di berikan guru. Giliran nilai kita jelek, guru membela dengan bilang “Kelasnya terlalu berisik, kelasnya gak kondusif, kalian gak memperhatikan”. Terus ada juga yang langsung ngasih motivasi gak membangun. Guru bilang “Gak ada murid yang bodoh, adanya yang malas”

Oke gak ada murid yang bodoh, adanya yang malas. Sekarang gua tanya, akibat malas apa? Bodoh kan? Yaudah berarti ada yang bodoh. Perumpamaannya gini, misalnya di kelas gua ada yang jatuh dari motor dan akibatnya dia jadi patah tulang. Terus gua bilang gini, “Di kelas gua gak ada yang patah tulang, adanya yang jatuh dari motor.” Gak bisa kan bilang kayak begitu? Karena akibat jatuh dari motor itu temen gua jadi patah tulang. Berarti ada yang patah tulang.

Guru itu punya senjata pamungkas. Begitu dia udah kalah argumen dengan murid dia pasti langsung bilang “Kalau kamu gak suka, kamu bisa keluar” atau dia bilang “Kamu pilih, saya yang keluar atau kamu yang keluar.” Di saat kayak gitu tuh saat dimana murid-murid berharap supaya guru itu gak keluar dan tetep ngajar. Padahal pas guru itu baru masuk, di dalam pikiran murid-murid langsung “Ahh dia lagi, males gua belajar sama dia”  Ya kan?

Tipikal guru yang gua gak suka adalah guru yang gila hormat dan yang nyambungin sikap ke ngurangin nilai.

Coba lu bayangin deh jadi orang pinter yang rajin. Lu berusaha belajar setiap hari supaya nilai lu bagus. Pas pembagian raport nilai lu gak jauh beda sama yang males dan bego. Karena apa? Cuman karena si bego sikapnya bagus. Udah gitu aja. Nilainya di dongkrak.

Lu gak mau kan kejadian begini. Nanti pas semua udah lulus, terus pada nyari kerja. Si bego dapet kerjaan yang bagus. Pas di suruh bosnya

Bos         : Nih kamu salin datanya ke komputer, make Microsoft Excel aja.
Si bego : Excel? Apaan tuh pak ? Saya gak ngerti cara nya
Bos         : Loh bukannya nilai kamu bagus di mata pelajaran TIK
Si bego : Emang bagus pak, tapi itu nilai di dapet cuman gara-gara saya diem di kelas dan gak  banyak bertingkah. Sikap baik, nilai baik.

Bakal begitu kejadiannya, lu pada gak mau kan?


Jadi pesan yang mau gua sampein disini adalah : Lancarin pencernaan dan pelajari Microsoft Excel.

Sekian dari gua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar