.

.

Selasa, 24 Maret 2015

Ingin pembantu idaman

                Sejak TK sampai SD, gua udah beberapa kali mengalami pergantian periode masa jabatan pembantu di rumah gua. Pergantian pembantu itu bukan karena dia di berhentikan sama mama gua, melainkan dia berhenti secara tidak hormat dengan tidak ada perjanjian hitam di atas putih.

                Pertama namanya si Yeyet. Dia kerja di rumah gua nginep. Si Yeyet ini orangnya baik, tapi gua sama kakak gua sering ngejailin dia. Mulai dari ngasih lem di gagang pintu kamar dia, ganggu dia lagi solat, sampe ngintip dia pas lagi make baju. Yang ketiga sih kerjaan gua doang. Gak sama kakak gua.

                Dia lumayan lama kerja di rumah gua. Sampai akhirnya pada suatu hari. “Lus, mbak pulang ya, mbak pusing” kata si Yeyet sambil menuruni anak tangga. Gua sama kakak gua nanya “Loh, emang di sini gak ada obat? Minum obat di sini aja”. Yeyet menjawab “Aku hanya pergi untuk sementara, bukan tuk meninggalkan mu selamanya, Aku pasti akan kembali pada dirimu, tapi kau jangan nakal Aku pasti kembali”. Eh, itu mah lirik lagu pasto. Yang bener dia jawab gini “Mbak pulang dulu, nanti balik lagi”. Gua gak tau apa yang harus gua perbuat, lagipula pada saat itu mama gua lagi pergi. Akhirnya dia pulang. Tapi sampai sekarang, dia gak pernah kembali.

                Yang kedua ada namanya Titi. Nama yang cukup ambigu. Dia kerjanya juga nginep sama kayak si Yeyet. Dia juga baik. Si Titi ini pernah bilang ke gua pas lagi belajar buat ulangan. Katanya “Kalo mau hapal, dulu mbak bacanya 7 kali. Pasti hapal”. Begonya, gua percaya. Gua ikutin saran dia. Ternyata kagak. Gua gak hapal sama sekali. Justru gua mikir “Baca buku 7 kali? Langsung hapal? Emang dikira muterin ka’abah.”

                Si Titi ini sering dimarahin sama mama gua. Karena suka gak bener kerjanya. Dia juga sering gua jailin. Gua bikin kesel. Sampai ada di suatu malam, gua lagi main boneka buaya. Gua pegang buntutnya terus gua puterin. Bonekanya itu lumayan gede.  Di tempat gua main ada si Titi lagi nonton TV. Pas dia lagi asik nonton TV, boneka yang gua puter itu sengaja gua lepas dan tepat kena ke kepala si Titi. Hal itu membuat dia menangis dan dia mulai mengutarakan semua unek-uneknya sama gua. Dia curhat. Dia berkata “Sakit tau Lus, asal kamu tau, Mbak tuh tiap malem nangis cuman karena tingkah Tulus ke Mbak, Mbak gak kuat”. Begitu denger kata-kata dia barusan gua langsung mikir “Emang selama ini gua ngapain? Perasaan biasa aja dah. Dia nya kali yang berlebihan”.

                Gua emang beraninya di rumah doang. Pas di sekolah, gua cengeng. Nyali gua ciut. Pernah waktu itu gua berantem, gua tonjok duluan pas di tonjok balik, gua malah yang nangis. Gua juga tukang ngadu seperti yang udah gua bahas di post sebelumnya. Pokoknya gua cuman berani di rumah.

                Setelah kejadian malam itu. Berapa lama kemudian ada kejadian yang membuat sekeluarga gua gempar. Waktu itu pagi-pagi betul, Mama gua membangunkan si Titi untuk bantu masak buat sarapan. Dia dipanggil berulang-ulang “Titi, titi, dimanakah kau berada?”. Mama gua manggil si Titi seakan-akan seekor lebah bernama hachi yang mencari mamanya.

                Sudah dipanggil berulang-ulang, si  Titi gak ada nyaut sama sekali. Pas di cek di tempat dia tidur, dia udah gak ada. Maksudnya bukan meninggal ya. Dia udah pergi. Dia kabur. Dia melarikan diri dari rumah gua melalu pintu samping. Kejadian si Titi kabur itu membuat mama gua panik. Mama gua takut dia hilang dan gak tau jalan pulang. Pagi itu juga mama gua nelpon keluarga mereka. Mama gua nanya apakah si Titi udah di rumah dan ternyata belum.

                Setelah beberapa lama akhirnya ada kabar kalau dia udah di rumah. Hebat si Titi.

                Ada 3 dugaan gua kenapa si Titi kabur dari rumah gua:
1.       Dia sudah gak tahan dengan tingkah gua
2.       Dia sudah tidak kuat dengan omelan mama gua
3.       Yang pertama dan kedua pasti benar.


                Setelah kejadian itu berlalu, gua menemukan buku harian si Titi di lemari. Isinya itu curhatan
dia, nomor telepon cowo, sama coretan-coretan dia. Gua berkata “Cielah Titi, kabur lupa bawa buku
harian”.

                Itu si Titi, yang ketiga ini ada si Mpok. Gua gak tau nama aslinya, tapi dia suruh manggil Mpok aja. Si Mpok ini gak nginep, dia kerjanya pulang pergi. Dia sudah berapa kali berhenti, dan kerja lagi. Pertama dia berhenti karena dia ketawan nyuri uang di kantong celana kakak gua. Habis itu karena gak dapet pembantu lagi, mama gua mempekerjakan dia lagi dengan was-was. Kalo dia lagi kerja, semua tas dan dompet itu diamanin. Tapi alangkah jagonya dia, waktu itu gua liat dia lagi ngecek tas-tas di bangku. Terus kakak gua pernah ngeliat dia lagi meriksa kantong celana kakak gua yang ada di kamar. Dia masuk kamar kakak gua. Nekat.
               
                Si Mpok ini baik juga sih. Tapi kerjanya gak bener. Mama gua sering marahin gua. Gua juga pernah ketipu sama dia. Waktu itu gua habis main sepeda dan gua ngambil tang buat ngebenerin rem yang sudah mulai tidak berfungsi dengan baik. Terus si Mpok ngeliat gua, dia bilang gini ke gua “Kalo remnya blong mah kasih minyak goreng, nanti pakem”. Gobloknya gua adalah gua ikutin saran dia. Yakan minyak licin, mana bisa bikin pakem? Yang ada itu rem tambah blong.
               
                Waktu itu juga gua pernah jatuh di teras karena lantai rumah basah habis di pel sama dia. Gua jatuh dan gua kepala gua kepentok kaki kursi. Si Mpok ini malah ketawain gua di depan pintu bukannya nolongin. Sampai akhrinya mama gua datang buat nolongin gua. Mama gua bilang “Mpok gimana sih? Bukannya nolongin malah ngetawain”. Dalam hati gua, gua berkata “Sialan nih orang, gua jatuh gara-gara dia, dia malah ketawa”

                Si Mpok ini juga yang menjadi saksi mata kebegoan gua. Jadi gini ceritanya. Waktu itu gua lagi kebelet berak. Terus gua cepet-cepet ke kamar mandi. Pas di kamar mandi, gua gak sempet meletakan pantat gua pas di WC. Jadi tai nya itu berceceran di lantai. Sialnya lagi adalah gua baru inget kalau toilet yang di situ mampet. Jadi gua tetep ngelanjutin berak di lantai. Ini gua goblok banget. Gua kan panik, gua bingung harus ngapain. Di sana gua terpaksa megang tai gua sendiri. Lu tau kan kalau misalnya di kamar madi itu saluran airnya cuman bolong-bolong kecil di pojokkan? Oleh karena itu gua harus megang tai gua sendiri. Gua meremas dan menekan tai gua agar bisa masuk ke dalam lobang kecil itu. Di saat gua sedang melakukan hal yang sangat bisa dibanggakan itu, ada si Mpok datang ngeliat gua lagi dorongin tai. Si Mpok bilang “Aduh ngapain Lus? Harusnya bilang aja ke Mpok, biar Mpok yang ngurusin.”. Tapi dia datang terlambat. Coba aja dia datang lebih cepat. Hal ini bisa tidak terjadi. Tapi tidak apa-apa. Gua percaya ini rancangan Tuhan dan Tuhan sudah merencanakan kalau hari itu gua harus ngedorong tai gua ke lobang di pojokkan lantai.

                Oke balik lagi ke si Mpok. Dia kalau di hitung-hitung udah 3 kali kerja dan berhenti di rumah gua. Terakhir kali pas gua udah SMA. Lagi-lagi dia berhenti secara tidak terhormat. Dia memberhentikan diri sendiri. Untuk kerja yang ke tiga kali ini, si Mpok datang dengan pendengaran yang sudah agak mengurang. Padahal dulu gak begini. Ini membuat mama gua sering marah. Soalnya dia sering di tanya “Mpok teras udah di sapu?” dia jawab “Udah”. Tapi sebenernya belum. Gua gak tau dia niat ngebohong apa enggak. Yang jelas ini buat mama gua sering marah. Sampai pada akhirnya dia itu gak mau datang kerja lagi. Dia gak mau datang karena taku dimarahin sama mama gua. Mungkin perasaan si Mpok sama kayak gua mau ngambil raport. “Aku tahu perasaan mu Mpok”. Dia berhenti kerja di tengah-tengah bulan. Jadi belum di bayar. Si Mpok nyuruh anaknya buat ngambil gaji dia ke mama gua. Tapi mama gua gak mau, mama gua maunya si Mpok yang dating ke rumah gua buat minta gajinya. Kata anaknya, si Mpok takut di marahin. Mama gua bilang, “Ya mau gimana lagi, dia kerjanya udah dikasih tau yang bener tetep dilakuin yang salah”. Terus anaknya juga mengakui kalau emaknya sendiri itu emang pendengarannya rada kurang. Jadi emang kadang bikin kesel. Sampai sekarang si Mpok belum pernah datang ke sini lagi. Mungkin dia bakal datang ke rumah gua pas lagi lebaran, sambil maaf-maafan.

                Akhirnya sekarang, gua udah gak ada pembantu lagi. Mama gua kesulitan mencari pembantu yang sesuai dengan kirteria pembantu idamannya.

                Jadi inti tulisan gua kali ini adalah : Kalau berak itu jangan di lantai.


                

1 komentar:

  1. Wah masa kecil yang indah ya mas haha..
    Bag yg di kamar mandi itu lucu banget hehe...
    Lanjutkan...

    BalasHapus